Kelompok Tani

Kelompok Tani Desa Sarimulyo


Desa Sarimulyo merupakan desa yang dominan penduduknya berprofesi sebagai petani. Hampir semua kepala rumah tangga mempunyai sawah. Luas lahan di desa Sarimulyo sekitar 288 Hektar. Area persawahan ini tergolong luas jika dibandingkan dengan desa-desa lain di kecamatan Kebonagung. Sarimulyo sendiri mempunyai lima kelompok tani yang tergabung dalam nama Pandowo Limo. Kelima kelompok tani tersebut adalah Dworo Wati, Manduro, Plongko Wati, Pringgondani, Madukoro. Kelima kelompok tani ini diketua langsung oleh pak Mustain dengan sekretaris bapak A. Nurosid dan bendahara bapak Markibi. 

Kelompok Dworo Wati diketuai oleh Pak Kartono, sekretaris oleh pak Suwandi, dan bendahara oleh bu Ulfatun Nafiah. Kelompok Dworo Wati mempunyai luas lahan 72 hektar. Kelompok kedua yaitu Manduro. 

Kelompok Manduro diketuai oleh bapak Nursalam, sekretaris oleh pak Mulyadi, dan bendahara adalah bapak Karsidi. Kelompok Manduro mempunyai lahan seluas 52 hektar. 

Plongko Wati adalah kelompok tani ketiga. Diketuai oleh bapak Mustain, sekretaris oleh bapak Suwarno, dan bendahara adalah bapak Mubasir. Kelompok Plongko Wati mempunyai lahan seluas 56 hektar. 

Kelompok keempat adalah kelompok Pringgondani. Kelompok Pringgondani diketuai oleh bapak Sudarmanto, sekretaris oleh bu Siti Fatimah, dan bendahara adalah ibu Siti Khayaroh. Kelompok Pringgondani mempunyai lahan seluas 54 hektar. 

Kelompok terakhir dari kelompok tani desa Sarimulyo adalah kelompok Madukoro. Kelompok Madukoro diketuai oleh pak Marsahid, sekretaris oleh pak Maryoko, dan bendahara oleh bapak Suwito. Kelompok Madukoro mempunyai lahan seluas 54 hektar. 

Kelima kelompok tersebut dibentuk dan bersatu pada tahun 2010. Sedangkan untuk masing-masing kelompok terbentuk pada tahun yang berbeda-beda. Kelompok Dworo Wati terbentuk pada tahun 1982. Kelompok Manduro terbentuk pada tahun 1982. Sedangkan ketiga kelompok lainnya yaitu kelompok Plongko Wati, Pringgondani, dan Madukoro terbentuk pada tahun 1986. 

1 komentar:

  1. sudah bagus pak admin. minta tolong lebih di lengkapi lagi data berupa tabel dan grafik ya.. terima kasih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.